Kiat Mengatasi Nyeri Punggung

Posted by | February 03, 2017 | Cidera, Gaya Hidup | No Comments


Bagaimana menyembuhkan nyeri punggung? Semuanya dimulai di otot kaki Anda.

Anda ragu menekuk kaki dan mengangkat barang, bahkan mencoba meraih atau menggapai sesuatupun terasa nyeri. Nyeri punggung dapat membuat Anda merasa lebih tua dari usia sebenarnya dan jika tidak ditangani, dapat menimbulkan kerusakan parah. Ada beberapa kiat untuk menghadapi nyeri punggung dan membuat kedua kaki Anda fit adalah salah satu kuncinya.

Nyeri punggung? Mungkin penyebabnya adalah…

  • Kurang fit juga bisa meningkatkan risiko nyeri punggung, apalagi jika Anda berolahraga secara tidak teratur. Kurang olahraga menyebabkan otot punggung lemah, obesitas, otot perut lemah dan otot menjadi tidak fleksibel.
  • Postur duduk tidak tegak atau menunduk dengan tidak benar dapat menimbulkan tekanan tambahan pada punggung Anda.
  • Beberapa orang memang secara genetik rentan pada nyeri punggung sebab mereka mewarisi abnormalitas struktur tulang belakang.
  • Pekerjaan yang menambah tekanan pada punggung seperti mengangkat, gerakan yang dipaksa, gerakan menunduk atau memutar, gerakan atau getaran berulang, yang semuanya bisa menambah regangan pada tulang belakang.
  • Kehamilan membuat wanita rentan nyeri punggung karena bergesernya organ-organ pencernaan, pengaturan berat badan di bagian depan, dan melonggarnya ligamen di daerah pelvis sebelum melahirkan.
  • Merokok bisa menurunkan aliran darah ke jaringan tubuh di punggung.

Cara memindahkan dan mengangkat rasa sakit
Olahraga membantu membuat tubuh Anda semakin sehat dan bugar. Dengan memasukkan latihan kaki ke dalam rutinitas olahraga Anda, Anda dapat bebas dari rasa sakit dalam waktu singkat. Memperkuat kaki Anda dapat membantu mengatasi nyeri punggung karena otot gluteus lemah dan tak dapat mendukung tulang belakang bagian lumbal, yang bisa menimbulkan nyeri punggung. Jika otot gluteus Anda kuat, maka dapat berpengaruh pada perputaran pelvis dan berisiko mencederai cakram lumbar. Maka penting bagi Anda untuk melatih otot-otot tersebut agar Anda segera pulih dari nyeri punggung.

Pistol squat
Berdiri tegak, ulurkan tangan ke depan tubuh Anda sebatas bahu. Angkat kaki kanan dan tahan. Dorong pinggul ke belakang sambil turunkan tubuh perlahan sejauh yang Anda bisa. Tahan, lalu tegak kembali dan kembalikan tubuh ke posisi awal. Ulangi dalam 10 pengulangan selama 5 set.

Reverse dumbbell box lunge with forward reach
Berdiri di atas sebuah kotak atau step, kedua tangan masing-masing memegang dumbbell di samping tubuh Anda. Turunkan kaki kanan ke belakang sambil tubuh Anda condong ke depan sambil menurun sampai mencapai kaki Anda. Lakukan gerakan lawan untuk mengembalikan badan ke posisi semua.

Goblet squat
Pegang dumbbell dengan kedua tangan memegang kepala dumbbell, lalu angkat ke depan sampai sejajar dada. (Bayangkan Anda sedang mengangkat cangkir besar yang berat dari logam) Turunkan tubuh bagian bawah sejauh mungkin dengan mendorong panggul ke belakang seperti gerakan ingin duduk, dan tekuk lutut Anda. Tahan, lalu tegak kembali dan kembalikan tubuh ke posisi awal.

Tips terbaik

  • Pertahankan postur sempurna dengan cara duduk tegak dengan kaki menapak lantai. Hindari berselonjor ketika duduk atau membungkuk ketika berjalan.
  • Gunakan sesuatu yang dingin dan panas sebagai kombinasi untuk meredakan nyeri punggung.
  • Berolahraga teratur agar otot Anda tetap terjaga baik. Ini akan membantu menjaga otot punggung tetap kuat.

Bicarakan dengan dokter Anda jika gejala Anda semakin parah.

Dapatkan selalu informasi kesehatan terkini lainnya dari Hello Doctor Indonesia. Pastikan juga Anda berlangganan aplikasi Hello Doctor untuk mendapatkan fasilitas konsultasi langsung dengan dokter kompeten dan tepercaya selama 24 jam, kapan saja dan di mana saja. Untuk info lebih lanjut, kunjungi http://www.hellodoctor.co.id atau segera hubungi 500*67# (bagi penggunaTelkomsel) dan 123*767# (bagi pengguna XL).

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia

 

Gambar: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/12/07/nyz5h8328-nyeri-punggung-bisa-sebabkan-gangguan-pernapasan

Tidak memiliki aplikasi Hello Doctor? Jangan sampai ketinggalan! Unduh aplikasi sekarang!