Kiat Mengatasi Kembung

Posted by | February 06, 2017 | Kesehatan Umum | No Comments


Anda rentan kembung? Berikut tujuh kiat untuk perut yang bahagia

Anda akan pergi keluar bersama teman-teman, tapi mendadak mood Anda rusak karena perut Anda mendadak kembung. Kembung berakibat dari kelebihan gas yang ada di usus Anda. Ada banyak kemungkinan penyebabnya, dari mulai menelan udara, terlalu banyak makan dan perubahan hormon ketika sedang haid, sindrom iritasi usus dan intoleransi makanan tertentu. Kembung memang menjengkelkan, tapi bisa diatasi, kok.

Penyebab Kembung

Makanan Berminyak
Gorengan yang Anda cemil tadi siang bisa jadi adalah penyebab kembung. Makanan berminyak seperti keripik, ayam goreng atau makanan yang digoreng sepenuhnya dapat menyebabkan kembung karena perut kita butuh waktu lebih lama untuk mengurai lemak dan mencernanya dengan baik.

Makanan Asin
Makanan sarat sodium menyebabkan tubuh Anda menahan air, yang menyebabkan perasaan kembung yang tidak nyaman. Baca label makanan Anda untuk memeriksa tingginya kadar sodium. Untuk perasa tambahan, ganti garam dengan rempah.

Makanan Pedas
Makanan pedas dapat merangsang pelepasan asam lambung yang bisa menyebabkan iritasi.  Berhematlah dalam penggunaan lada hitam, pala, cengkeh, bubuk cabai, kari, bawang, bawang putih, mustar, saus barbekyu, lobak, saus tomat dan cuka.

Sayuran Bergas
Merasa kembung setelah menyantap sepiring brokoli? Beberapa jenis sayuran memproduksi gas lebih banyak dari sayuran lainnya, dan setiap orang punya kemampuan berbeda untuk menyerap dan bertahan terhadap gasnya. Jangan terlalu banyak menyantap sayuran penghasil gas seperti kacang, brokoli, brussel sprout, kubis, kembang kol, lentil, kacang lima, bawang dan lada.

Minuman berkarbonasi dan tinggi kadar asamnya
Minuman ringan untuk tiap kali makan bukanlah ide yang baik karena semua minuman soda menyebabkan kembung. Hal ini disebabkan karena karbon dioksida yang terperangkap di dalam gelembung minuman menciptakan gas dalam perut Anda. Alkohol, minuman berkafein, kopi, teh, cokelat panas dan beberapa jenis jus buah tinggi asam yang bisa membuat iritasi saluran pencernaan Anda, dapat menyebabkan pembengkakan dan kembung.

Tips terbaik

  • Kunyah makanan Anda dengan sempurna, dengan mulut tertutup. Jika Anda makan terlalu cepat, Anda akan menelan banyak udara yang membuat Anda kembung.
  • Sayuran mentah terkadang baik untuk Anda, tapi lebih susah dicerna dan bisa menyebabkan kembung. Masak atau stim sayuran Anda lebih sering lagi.
  • Permen karet sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, tapi permen karet mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan aspartam yang tak dapat tercerna dan bisa memicu kembung.

Yang perlu diketahui

  • Ada beberapa makanan yang membuat perut Anda mengembang, tapi ada juga yang tetap membuat perut rata. Mentimun mengandung quercetin, sejenis antioksidan flavonoid yang membantu mengurangi pembengkakan. Iris mentimun dan makan sebagai cemilan atau tambahkan pada air putih Anda.
  • Yoghurt mengandung kultur yang aktif dan bakteri baik. Probiotik dalam yoghurt membantu mengatur pencernaan dan kesehatan saluran pencernaan Anda. Nikmati sarapan Anda tanpa takut kembung!
  • Jahe adalah bahan anti radang dan pembantu pencernaan alami untuk Anda. Jahe menenangkan sistem pencernaan dan merilekskan otot saluran pencernaan yang bisa meredakan kembung. Jahe juga mengandung enzim yang menyerap protein yang meredakan kekembungan dan gas.
  • Pisang dan makanan lain yang kaya potassium seperti avokad, kiwi, jeruk dan kacang pistachio menghalangi penahanan air dengan mengatur tingkat sodium dalam tubuh Anda dan mengurangi kekembungan.

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia

Tidak memiliki aplikasi Hello Doctor? Jangan sampai ketinggalan! Unduh aplikasi sekarang!