Kiat Mengatasi Kembung

Posted by | Kesehatan Umum | No Comments


Anda rentan kembung? Berikut tujuh kiat untuk perut yang bahagia

Anda akan pergi keluar bersama teman-teman, tapi mendadak mood Anda rusak karena perut Anda mendadak kembung. Kembung berakibat dari kelebihan gas yang ada di usus Anda. Ada banyak kemungkinan penyebabnya, dari mulai menelan udara, terlalu banyak makan dan perubahan hormon ketika sedang haid, sindrom iritasi usus dan intoleransi makanan tertentu. Kembung memang menjengkelkan, tapi bisa diatasi, kok.

Penyebab Kembung

Makanan Berminyak
Gorengan yang Anda cemil tadi siang bisa jadi adalah penyebab kembung. Makanan berminyak seperti keripik, ayam goreng atau makanan yang digoreng sepenuhnya dapat menyebabkan kembung karena perut kita butuh waktu lebih lama untuk mengurai lemak dan mencernanya dengan baik.

Makanan Asin
Makanan sarat sodium menyebabkan tubuh Anda menahan air, yang menyebabkan perasaan kembung yang tidak nyaman. Baca label makanan Anda untuk memeriksa tingginya kadar sodium. Untuk perasa tambahan, ganti garam dengan rempah.

Makanan Pedas
Makanan pedas dapat merangsang pelepasan asam lambung yang bisa menyebabkan iritasi.  Berhematlah dalam penggunaan lada hitam, pala, cengkeh, bubuk cabai, kari, bawang, bawang putih, mustar, saus barbekyu, lobak, saus tomat dan cuka.

Sayuran Bergas
Merasa kembung setelah menyantap sepiring brokoli? Beberapa jenis sayuran memproduksi gas lebih banyak dari sayuran lainnya, dan setiap orang punya kemampuan berbeda untuk menyerap dan bertahan terhadap gasnya. Jangan terlalu banyak menyantap sayuran penghasil gas seperti kacang, brokoli, brussel sprout, kubis, kembang kol, lentil, kacang lima, bawang dan lada.

Minuman berkarbonasi dan tinggi kadar asamnya
Minuman ringan untuk tiap kali makan bukanlah ide yang baik karena semua minuman soda menyebabkan kembung. Hal ini disebabkan karena karbon dioksida yang terperangkap di dalam gelembung minuman menciptakan gas dalam perut Anda. Alkohol, minuman berkafein, kopi, teh, cokelat panas dan beberapa jenis jus buah tinggi asam yang bisa membuat iritasi saluran pencernaan Anda, dapat menyebabkan pembengkakan dan kembung.

Tips terbaik

  • Kunyah makanan Anda dengan sempurna, dengan mulut tertutup. Jika Anda makan terlalu cepat, Anda akan menelan banyak udara yang membuat Anda kembung.
  • Sayuran mentah terkadang baik untuk Anda, tapi lebih susah dicerna dan bisa menyebabkan kembung. Masak atau stim sayuran Anda lebih sering lagi.
  • Permen karet sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, tapi permen karet mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan aspartam yang tak dapat tercerna dan bisa memicu kembung.

Yang perlu diketahui

  • Ada beberapa makanan yang membuat perut Anda mengembang, tapi ada juga yang tetap membuat perut rata. Mentimun mengandung quercetin, sejenis antioksidan flavonoid yang membantu mengurangi pembengkakan. Iris mentimun dan makan sebagai cemilan atau tambahkan pada air putih Anda.
  • Yoghurt mengandung kultur yang aktif dan bakteri baik. Probiotik dalam yoghurt membantu mengatur pencernaan dan kesehatan saluran pencernaan Anda. Nikmati sarapan Anda tanpa takut kembung!
  • Jahe adalah bahan anti radang dan pembantu pencernaan alami untuk Anda. Jahe menenangkan sistem pencernaan dan merilekskan otot saluran pencernaan yang bisa meredakan kembung. Jahe juga mengandung enzim yang menyerap protein yang meredakan kekembungan dan gas.
  • Pisang dan makanan lain yang kaya potassium seperti avokad, kiwi, jeruk dan kacang pistachio menghalangi penahanan air dengan mengatur tingkat sodium dalam tubuh Anda dan mengurangi kekembungan.

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia

Dampak FGM Terhadap Kesehatan Wanita

Posted by | Kesehatan Remaja, Kesehatan Seksual, Kesehatan Wanita, Sistem Reproduksi | No Comments

HDI-ers, dalam rangka memperingati Hari Intoleransi Terhadap Mutilasi Organ Intim Wanita Internasional, hari ini, 6 Februari 2017, Hello Doctor ingin mengajak Anda pada pembahasan mengenai dampak Female Genital Mutilation (FGM) atau Mutilasi Organ Intim Wanita ditinjau dari segi kesehatan.

Seperti kita telah ketahui, di dunia terdapat beberapa negara yang sebagian masyarakatnya mempraktikkan FGM pada remaja putri hingga wanita dewasa. Praktik FGM diterapkan di beberapa negara karena campuran faktor budaya, agama dan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Siapa saja yang berisiko mengalami FGM?

Prosedur FGM sebagian besar dipraktikkan pada gadis-gadis muda belia, terkadang antara bayi dan usia 15 tahun dan kadang-kadang pada wanita dewasa. Di Afrika, lebih dari tiga juta anak wanita telah diperkirakan berada pada risiko FGM per tahunnya.

Lebih dari 125 juta remaja putri dan wanita yang hidup saat ini telah dipotong organ intimnya di 29 negara di Afrika dan Timur Tengah di mana FGM terkonsentrasi.

Praktik FGM ini paling umum terjadi di wilayah barat, timur dan utara-timur Afrika, di beberapa negara Asia dan Timur Tengah dan di antara para masyarakat pendatang dari daerah-daerah tersebut.

Prosedur

FGM diklasifikasikan menjadi empat jenis prosedur utama, yakni:

  • Klitoridektomi: pengangkatan klitoris secara parsial/sebagian atau total/keseluruhan (bagian dari organ intim wanita yang kecil, sensitif dan dapat berereksi) dan dalam beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, hanya preputium atau kulup (lipatan kulit di sekitar klitoris).
  • Eksisi: penghilangan atau pengangkatan secara parsial/sebagian atau total/seluruh klitoris dan labia minora (bibir kecil), dengan atau tanpa eksisi labia majora (labia majora adalah “bibir besar” yang mengelilingi V).
  • Infibulasi: penyempitan lubang V melalui pembentukan segel penutup. Segel dibentuk dengan memotong dan reposisi bagian dalam atau luar labia (bibir), dengan atau tanpa pengangkatan klitoris.
  • Lainnya: semua prosedur berbahaya lainnya terhadap alat kelamin wanita untuk tujuan non-medis, misalnya menusuk, menindik, mengiris, menggores dan membakar area genital.

Tidak bermanfaat dan berbahaya bagi kesehatan

FGM tidak bermanfaat bagi kesehatan dan malah merugikan gadis belia dan wanita dewasa dalam banyak hal. Ini melibatkan pengangkatan dan perusakan organ intim wanita yang sehat dan normal dan mengganggu fungsi alami tubuh mereka.

Komplikasi mendadak yang diderita korban FGM, di antaranya, sakit parah, syok, perdarahan, tetanus atau sepsis (infeksi bakteri), retensi air seni, luka terbuka di daerah organ intim dan cedera jaringan organ intim di dekatnya.

Dampak jangka panjangnya di antaranya:

  • Infeksi berulang kandung kemih dan saluran kemih;
  • Kista;
  • Infertilitas atau kemandulan;
  • Peningkatan risiko komplikasi persalinan dan kematian bayi saat lahir;
  • Kebutuhan untuk operasi nantinya. Misalnya, prosedur FGM yang jenis segel atau penyempitan pembukaan V (tipe 3 di atas) harus dipotong terbuka kemudian untuk memungkinkan hubungan intim dan melahirkan. Kadang-kadang dijahit lagi beberapa kali, termasuk setelah melahirkan, maka wanita itu harus melalui prosedur operasi pembukaan dan penutupan yang harus diulang.

Pada akhirnya, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa FGM juga melanggar hak asasi manusia (HAM) sehingga organisasi kesehatan dunia itu pun telah melakukan banyak upaya untuk menghentikan praktik FGM di berbagai negara di dunia.

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia.

 

Pil KB Memicu Kanker Payudara: Mitos atau Fakta?

Posted by | Alat Kontrasepsi, Kanker, Kesehatan Seksual, Kesehatan Wanita | No Comments

Pil KB sudah sejak lama menjadi pilihan kontrasepsi populer dan juga paling efektif. Ternyata, selain menghentikan kehamilan dengan efektif, alat kontrasepsi pil juga membantu mengendalikan kondisi lainnya seperti jerawat, haid yang banyak dan perubahan mood. Selain itu, ada beberapa riset yang yang membuktikan bahwa alat kontrasepsi pil dapat sedikit menurunkan risiko terkena kanker indung telur.

Akan tetapi banyak beredar pendapat yang menyatakan bahwa alat kontrasepsi berbentuk pil yang mengandung hormon dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Hal ini disebabkan karena pil jenis ini merangsang pertumbuhan sel payudara sampai tak terkendali sehingga meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Risiko ini bertambah jika Anda memiliki riwayat anggota keluarga yang pernah menderita penyakit ini, atau pernah melakukan biopsi di masa lalu yang menunjukkan pertumbuhan sel abnormal. Jika Anda pernah didiagnosis kanker payudara maka Anda dilarang keras menggunakan alat kontrasepsi pil yang mengandung hormon di dalamnya. Hal ini untuk mencegah risiko kanker kambuh kembali.

Hal-hal yang perlu diketahui:

  • Pil kontrasepsi yang mengandung estrogen dosis tinggi menggandakan risiko terserang kanker payudara.
  • Pil kontrasepsi yang mengandung etinodiol diasetat (sejenis progestin) juga meningkatkan risiko kanker payudara sampai lebih dari separuhnya.
  • Jenis pil kontrasepsi lainnya, termasuk yang kandungan estrogennya rendah, TIDAK DIKAITKAN dengan tingginya risiko terkena kanker payudara.
  • Risiko ini adalah risiko relatif. Artinya, risiko dapat berubah tergantung dari apa yang Anda lakukan. Jika Anda menjaga berat badan sehat, menjalani gaya hidup sehat, diet sehat dan seimbang, maka sudah tentu risiko Anda lebih sedikit daripada orang yang tidak menjalani hidup sehat.
  • Jika risiko kanker Anda lebih tinggi karena alasan tertentu, misalnya, berusia lanjut, Anda harus lebih berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risiko kanker Anda termasuk konsumsi kontrasepsi pil.
  • Jika risiko kanker Anda tinggi, bicarakan pada dokter mengenai alat kontrasepsi alternatif, misalnya kondom, diafragma atau IUD.

Apapun jenis kontrasepsi pilihan Anda, tanyakan dokter Anda mengenai cara menggunakannya dengan efektif.

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia.

Dapatkan selalu informasi kesehatan terkini lainnya dari Hello Doctor Indonesia. Pastikan juga Anda berlangganan aplikasi Hello Doctor untuk mendapatkan fasilitas konsultasi langsung dengan dokter kompeten dan tepercaya selama 24 jam, kapan saja dan di mana saja. Untuk info lebih lanjut, kunjungi www.hellodoctor.co.id atau segera hubungi *500*67# (bagi penggunaTelkomsel) dan *123*767# (bagi pengguna XL).

Kiat Mengatasi Nyeri Punggung

Posted by | Cidera, Gaya Hidup | No Comments


Bagaimana menyembuhkan nyeri punggung? Semuanya dimulai di otot kaki Anda.

Anda ragu menekuk kaki dan mengangkat barang, bahkan mencoba meraih atau menggapai sesuatupun terasa nyeri. Nyeri punggung dapat membuat Anda merasa lebih tua dari usia sebenarnya dan jika tidak ditangani, dapat menimbulkan kerusakan parah. Ada beberapa kiat untuk menghadapi nyeri punggung dan membuat kedua kaki Anda fit adalah salah satu kuncinya.

Nyeri punggung? Mungkin penyebabnya adalah…

  • Kurang fit juga bisa meningkatkan risiko nyeri punggung, apalagi jika Anda berolahraga secara tidak teratur. Kurang olahraga menyebabkan otot punggung lemah, obesitas, otot perut lemah dan otot menjadi tidak fleksibel.
  • Postur duduk tidak tegak atau menunduk dengan tidak benar dapat menimbulkan tekanan tambahan pada punggung Anda.
  • Beberapa orang memang secara genetik rentan pada nyeri punggung sebab mereka mewarisi abnormalitas struktur tulang belakang.
  • Pekerjaan yang menambah tekanan pada punggung seperti mengangkat, gerakan yang dipaksa, gerakan menunduk atau memutar, gerakan atau getaran berulang, yang semuanya bisa menambah regangan pada tulang belakang.
  • Kehamilan membuat wanita rentan nyeri punggung karena bergesernya organ-organ pencernaan, pengaturan berat badan di bagian depan, dan melonggarnya ligamen di daerah pelvis sebelum melahirkan.
  • Merokok bisa menurunkan aliran darah ke jaringan tubuh di punggung.

Cara memindahkan dan mengangkat rasa sakit
Olahraga membantu membuat tubuh Anda semakin sehat dan bugar. Dengan memasukkan latihan kaki ke dalam rutinitas olahraga Anda, Anda dapat bebas dari rasa sakit dalam waktu singkat. Memperkuat kaki Anda dapat membantu mengatasi nyeri punggung karena otot gluteus lemah dan tak dapat mendukung tulang belakang bagian lumbal, yang bisa menimbulkan nyeri punggung. Jika otot gluteus Anda kuat, maka dapat berpengaruh pada perputaran pelvis dan berisiko mencederai cakram lumbar. Maka penting bagi Anda untuk melatih otot-otot tersebut agar Anda segera pulih dari nyeri punggung.

Pistol squat
Berdiri tegak, ulurkan tangan ke depan tubuh Anda sebatas bahu. Angkat kaki kanan dan tahan. Dorong pinggul ke belakang sambil turunkan tubuh perlahan sejauh yang Anda bisa. Tahan, lalu tegak kembali dan kembalikan tubuh ke posisi awal. Ulangi dalam 10 pengulangan selama 5 set.

Reverse dumbbell box lunge with forward reach
Berdiri di atas sebuah kotak atau step, kedua tangan masing-masing memegang dumbbell di samping tubuh Anda. Turunkan kaki kanan ke belakang sambil tubuh Anda condong ke depan sambil menurun sampai mencapai kaki Anda. Lakukan gerakan lawan untuk mengembalikan badan ke posisi semua.

Goblet squat
Pegang dumbbell dengan kedua tangan memegang kepala dumbbell, lalu angkat ke depan sampai sejajar dada. (Bayangkan Anda sedang mengangkat cangkir besar yang berat dari logam) Turunkan tubuh bagian bawah sejauh mungkin dengan mendorong panggul ke belakang seperti gerakan ingin duduk, dan tekuk lutut Anda. Tahan, lalu tegak kembali dan kembalikan tubuh ke posisi awal.

Tips terbaik

  • Pertahankan postur sempurna dengan cara duduk tegak dengan kaki menapak lantai. Hindari berselonjor ketika duduk atau membungkuk ketika berjalan.
  • Gunakan sesuatu yang dingin dan panas sebagai kombinasi untuk meredakan nyeri punggung.
  • Berolahraga teratur agar otot Anda tetap terjaga baik. Ini akan membantu menjaga otot punggung tetap kuat.

Bicarakan dengan dokter Anda jika gejala Anda semakin parah.

Dapatkan selalu informasi kesehatan terkini lainnya dari Hello Doctor Indonesia. Pastikan juga Anda berlangganan aplikasi Hello Doctor untuk mendapatkan fasilitas konsultasi langsung dengan dokter kompeten dan tepercaya selama 24 jam, kapan saja dan di mana saja. Untuk info lebih lanjut, kunjungi http://www.hellodoctor.co.id atau segera hubungi 500*67# (bagi penggunaTelkomsel) dan 123*767# (bagi pengguna XL).

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia

 

Gambar: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/12/07/nyz5h8328-nyeri-punggung-bisa-sebabkan-gangguan-pernapasan

Lawan Anemia dengan Kiat-kiat Berikut

Posted by | test | No Comments

Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kadar energi kita?

Anemia adalah sebuah kondisi di mana darah mengandung lebih sedikit sel darah merah dibanding kadar normalnya. Kondisi ini juga dapat terjadi jika sel-sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin (protein kaya zat besi yang memberikan warna merah pada darah). Hemoglobin membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Mengalami anemia dapat menyebabkan Anda merasa lelah, lemah, dan sesak napas.

Anemia memengaruhi orang-orang dari segala usia dan kelompok etnis. Baik pria maupun wanita dapat mengembangkan kondisi tersebut, tetapi wanita pada usia subur adalah yang paling berisiko karena kehilangan darah dari menstruasi. Anemia juga dapat terjadi selama kehamilan. Jika diet Anda tidak disertai dengan zat besi, asam folat atau vitamin B12, Anda juga akan berisiko mengidap anemia. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia.

Anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang cukup serius. Bahkan, kondisi itu adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum di dunia, tapi juga salah satu kondisi yang paling dapat diobati dan dicegah. Diet sehat gizi seimbang adalah pertahanan garis pertama Anda.

Susun diet sehat Anda

  • Konsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi. Sumber zat besi yang sangat baik dan mudah diserap tubuh adalah daging organ seperti hati dan ginjal sapi. Ikan, telur (terutama kuning telur), keju, bayam, kacang-kacangan, lentil, dan sereal juga penyedia zat besi yang baik.
  • Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi. Minumlah segelas jus jeruk segar dengan sarapan telur atau sereal dengan nutrisi yang diperkaya. Bukan penggemar jus jeruk? Cobalah jus apel, mangga atau nanas sebagai gantinya.
  • Pertimbangkan suplemen zat besi jika Anda mengidap anemia atau kekurangan zat besi. Suplemen ini dapat membangun kembali pasokan zat besi di tubuh Anda dalam waktu empat sampai enam bulan. Konsultasikan dulu dosis yang tepat dengan seorang dokter atau profesional medis lainnya yang tepercaya. Anda perlu meminum dosis yang cukup tinggi agar suplemen efektif. Dosis berlebihan dapat berpotensi efek samping yang serius.
  • Asam folat terutama dapat ditemukan dalam sayuran hijau dan berdaun. Asparagus, brokoli, buah jeruk, kacang, kacang polong, dan lentil juga adalah sumber asam folat yang baik. Melengkapi asam folat juga dianjurkan untuk wanita hamil.
  • Vitamin B12 dapat ditemukan dalam daging, telur dan produk susu. Jika Anda menderita kekurangan vitamin B12, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Ini biasanya diberikan pertama kali dengan suntikan, diikuti dengan tablet hingga kondisi dapat dikendalikan.
  • Hindari makanan yang terlalu matang karena dapat merusak atau mengurangi nutrisi. Kukus atau panggang hidangan Anda daripada digoreng.

 

Serap zat besi dengan baik

Pastikan tubuh Anda menggunakan zat besi dalam diet Anda secara efektif:

  • Jangan minum teh atau anggur (wine) dalam waktu satu jam setelah mengonsumsi suplemen zat besi. Tanin yang terkandung dalam minuman tersebut dapat mengikat zat besi, sehingga sulit untuk dis Fosfat dalam minuman bersoda juga dapat memberi efek yang sama.

 

  • Tunggu satu jam antara waktu makan makanan yang mengandung zat besi dan minum susu. Segelas susu (sekitar 165mg kalsium) dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga lebih dari setengah kadar normalnya. Hal yang sama berlaku untuk makanan dari olahan susu yang tinggi kalsium dan suplemen kalsium.

 

  • Phytates (bentuk fosfor pada tanaman yang tak dapat diserap oleh tubuh manusia), misalnya dalam sereal mentah, bisa juga membuat penyerapan zat besi menjadi Beri jarak satu jam antara sarapan sereal pagi Anda dan jadwal minum suplemen zat besi Anda.
  • Beberapa jenis obat dapat menghambat penyerapan zat besi, begitupun zat besi, dapat menghambat penyerapan beberapa jenis obat lainnya. Bicarakan dengan dokter Anda tentang obat yang sedang Anda konsumsi.
  • Penyerapan zat besi dalam suplemen dapat lebih efisien bila mengonsumsi Vitamin C secara bersamaan, atau dapat memngosumsi suplemen besi dengan minum jus jeruk segar bersamaan.

 Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia.

 

Jaminan Kesehatan bagi Para Tunawisma

Posted by | test | No Comments

Dalam rangka hari Anak Jalanan Sedunia, pada tanggal 31 Januari 2017 ini, Hello Doctor ingin berbagi dengan Anda mengenai kesehatan pada tunawisma secara umum.

Para tunawisma atau orang dengan kondisi tidak memiliki tempat tinggal yang biasanya disebabkan oleh faktor kemiskinan, semakin bertambah saja jumlahnya, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Lalu, apa saja masalah kesehatan yang dapat diderita oleh para tunawisma?

  1. Sanitasi dan kesehatan

Rumah mereka sangat jauh dari kriteria rumah sehat. Perilaku hidup bersih sangat kurang. Ventilasi dan penerangan juga kurang. Sehingga muncul berbagai masalah kesehatan. Mereka tidak memperhatikan hal ini karena untuk makan saja mereka mengalami kesulitan. Mereka tidak mempunyai cukup dana untuk memelihara kesehatan dan pengobatan. Hal yang berkepanjangan ini akan menyebabkan masalah kesehatan baik fisik maupun psikis, seperti penyakit diare, kolera, muntaber, gizi buruk, TB, kusta, DBD, HIV/AIDS, penyakit jantung, diabetes dan bahkan gangguan psikis seperti stres dan depresi.

  1. Tindak kekerasan sesama tunawisma

Perebutan atau persaingan dalam mencari pangan dan lahan menyebabkan sering terjadinya konflik di antara sesamanya. Bagi pihak yang kalah, persaingan tersebut akan menimbulkan tekanan yang berkepanjangan sehingga menimbulkan depresi dan bunuh diri.

  1. Pengeksploitasian anak-anak dibawah umur dan perdagangan manusia

Banyak anak-anak tunawisma di bawah umur yang dimanfaatkan untuk mengemis dan menyetorkan sejumlah uang pada para setiap harinya. Bahkan, banyak juga terjadi perdagangan bayi, balita dan remaja wanita di kalangan mereka. Hal ini akan mengganggu kesehatan jiwa anak-anak tersebut sebagai korban dan dapat merusak moral mereka di masa depan.

  1. Kekerasan seksual

Banyak tunawisma yang mendapat pelecehan seksual. Karena lingkungan yang jauh dari peradaban dan pendidikan, serta tidak adanya aturan yang jelas dari lingkungan maka kerap kali banyak kasus pemerkosaan dan sodomi terhadap tunawisma, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. Hal ini karena pelaku memerlukan pelampiasan dan tunawisma adalah korban terbesarnya. Korban akan mengalami trauma dan akhirnya bisa menimbulkan gangguan jiwa dan berisiko untuk melakukan bunuh diri.

Langkah yang dapat diambil untuk menangani masalah kesehatan para tunawisma

Langkah-langkah untuk memperbaiki kesehatan pasien tunawisma adalah membuat sistem perawatan kesehatan yang lebih ramah dan lebih mudah untuk dinavigasi. Banyak penyandang tunawisma merasa tak diinginkan di beberapa klinik kesehatan dan Puskesmas. Mereka sering kali diprioritaskan sesuai dengan kemampuan finansial mereka. Terkadang mereka diminta untuk meninggalkan klinik.

Namun, jangan khawatir. Kini, para penyandang tunawisma di Indonesia dijamin kesehatannya dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diluncurkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo pada November 2014 yang lalu. Kemudian, mulai Maret 2015 yang lalu, Kemenkes dan Kemensos bekerja sama dalam rangka pendataan para tunawisma di Indonesia agar semua dapat menikmati fasilitas kesehatan dengan menggunakan KIS yang merupakan perluasan dari JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang dikelola oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Orang cacat dan bayi yang baru lahir dari keluarga miskin juga akan dijamin kesehatannya oleh pemerintah melalui KIS tersebut.

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia.

 

Pilihan Kado yang Tepat Bagi Orang Terkasih

Posted by | Gaya Hidup | No Comments

Kehabisan ide untuk memberi kado atau hadiah di tahun baru Imlek ini? Jangan khawatir, karena Hello Doctor akan memberikan beberapa ide bagi Anda. Mengapa tidak Anda pilih satu tema di tahun 2017 ini? Tema kesehatan tentunya, dan berikut beberapa ide yang bisa Anda pilih:

Untuk orang-orang terdekat, berikut adalah pilihan kado atau hadiah menarik dengan harga yang tidak mencekik:

  • Keanggotaan di Pusat Kebugaran
  • Peralatan Olahraga
  • Sepeda
  • Voucher untuk memanjakan diri di spa atau salon kecantikan
  • Sepatu olahraga baru
  • Sebuah pedometer, untuk menghitung langkah harian
  • Bagi yang suka memasak, Anda bisa menghadiahkan sebuah buku resep.
  • Jika ada teman atau anggota keluarga yang suka berkebun, Anda bisa membuat sendiri kado Anda. Belilah beberapa pot tanaman kecil lalu tanami rempah atau cabai aneka warna (terutama karena kini harga cabai di pasar sudah melambung tinggi!) lalu susun dengan cantik. Pastikan ada ruangan bagi tanaman untuk tumbuh.
  • Voucher pijat refleksi atau pijat sehat
  • Botol cantik berisi minyak sehat, misalnya minyak zaitun, minyak rempah, kelapa, atau kacang walnut.
  • Piranti pijat leher atau kaki.
  • Botol air gelas atau baja anti karat yang berkualitas bagus.
  • Jika si penerima sedang menjalani diet tertentu, Anda bisa memberikan semacam keranjang atau parsel berisikan buah-buahan, sayuran atau makanan-makanan sehat apa saja yang ia konsumsi selama berdiet.

Selamat bertahun baru dan menikmati momen berharga Anda dengan orang-orang terkasih, ya!

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia.

Dapatkan selalu informasi kesehatan terkini lainnya dari Hello Doctor Indonesia. Pastikan juga Anda berlangganan aplikasi Hello Doctor untuk mendapatkan fasilitas konsultasi langsung dengan dokter kompeten dan tepercaya selama 24 jam, kapan saja dan di mana saja. Untuk info lebih lanjut, kunjungi www.hellodoctor.co.id atau segera hubungi *500*67# (bagi penggunaTelkomsel) dan *123*767# (bagi pengguna XL).

Hijabers! Ucapkan Selamat Tinggal Pada Rambut Lepek!

Posted by | Kesehatan Rambut, Kesehatan Wanita | No Comments

Tahukah Anda? Tanggal 1 Februari diperingati sebagai hari Hijab Dunia, lho! Yuk, kita bahas mengenai cara perawatan rambut bagi para wanita berhijab.

Rambut merupakan mahkota bagi wanita yang perlu dijaga kebersihan dan keindahannya. Wanita yang menggunakan hijab perlu merawat rambutnya dengan saksama. Hijab bukan merupakan hambatan bagi wanita untuk tidak merawat rambutnya dengan baik. Meskipun tertutup sepanjang hari, rambut perlu mendapat perhatian yang baik.

Simak 7 kiat perawatan rambut bagi wanita berhijab berikut ini.

  1. Keramaslah dengan teratur, minimal setiap 2-3 hari. Rambut yang lama tidak dicuci akan menimbulkan rasa lengket yang tidak nyaman ketika dipegang, apalagi bagi yang memiliki kulit berminyak. Setelah keramas, gunakanlah kondisioner (pelembab) rambut yang tersedia di pasaran. Dan sesuaikan dengan jenis rambut Anda ya. Alpukat digunakan untuk rambut kering, sedangkan sari jeruk nipis digunakan untuk rambut berminyak dan berketombe.
  2. Gunakan masker rambut 1x seminggu untuk memperkuat akar rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih.
  3. Rajin menyisir rambut. Menyisir diperlukan untuk membantu kelancaran peredaran darah di rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Hindari belahan rambut hanya pada 1 sisi saja karena kerontokan bisa berawal dari garis belahan rambut.
  4. Rambut harus kering saat menggunakan hijab. Mengapa? Karena rambut basah dapat meningkatkan kelembaban sehingga dapat menyebabkan kerontokan. Biarkan rambut kering secara alami.
  5. Kuncirlah rambut dengan ikatan yang pas. Sebaiknya, gunakan jepit rambut karena jepit rambut relatif tidak terlalu mengikat rambut.
  6. Pakai bahan hijab yang pas. Bahan hijab perlu disesuaikan dengan kondisi yang akan dihadapi. Untuk aktivitas sehari-hari, gunakan bahan hijab yang terbuat dari katun atau kaos. Bahan katun atau kaos dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tidak terjadi kelembapan saat menggunakan hijab. Selain itu, pilih warna terang atau putih untuk hijab dan dalaman (ciput) Anda. Warna terang atau putih tidak terlalu menyerap panas sehingga aman bagi kulit dan rambut Anda. Sebaliknya, warna gelap dapat menyerap panas dan membuat kepala berkeringat dan lembap.
  7. Model rambut praktis dan tidak terlalu panjang. Rambut sebaiknya dibuat praktis, dan tidak menggunakan poni karena Anda tidak akan repot membetulkan rambut yang keluar dari hijab.

Nah, dari ketujuh kiat ini, manakah yang sudah dan belum Anda lakukan? Yuk, lakukan kiat ini untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Tetap Islami dan sehat ya!

Dapatkan selalu informasi kesehatan terkini lainnya dari Hello Doctor Indonesia. Pastikan juga Anda berlangganan aplikasi Hello Doctor untuk mendapatkan fasilitas konsultasi langsung dengan dokter kompeten dan tepercaya selama 24 jam, kapan saja dan di mana saja. Untuk info lebih lanjut, kunjungi http://www.hellodoctor.co.id atau segera hubungi 500*67# (bagi penggunaTelkomsel) dan 123*767# (bagi pengguna XL).

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia

Mengapa Anda memilih Junkfood?

Posted by | Gizi dan Nutrisi, Kesehatan Umum, Kuliner Sehat | No Comments

Dalam rangka Hari Pangan dan Gizi Nasional, Hello Doctor ingin mengajak Anda membahas tentang pilihan makanan kita yang cenderung adalah makanan yang tidak sehat. Terlalu banyak pekerjaan tapi terlalu sedikit waktu untuk mengerjakannya sudah sering mendengar ini? Kita hidup di dunia yang semakin bergerak cepat dan kian membuat kewalahan setiap harinya. Dengan dalih tidak sempat masak atau membeli makanan sehat, Anda pun mencari sesuatu yang cepat dan (tentunya) lezat ke manapun hingga dapat… dan makanan cepat/siap saji pun menjadi salah satu pilihan Anda. Tapi, apakah 30 menit yang Anda pikir telah Anda hemat benar-benar layak untuk kesehatan? 

Kenyamanan, solusi atau masalah? 

Pada gaya hidup yang semakin menggila dewasa ini, bahkan 24 jam sehari sepertinya sudah tidak cukup lagi untuk mengelola karir, mengurus keluarga dan apapun di antaranya. Semuanya bisa sangat melelahkan. Pemicu stres tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah yang membuat Anda berakhir memilih jalan pintas menuju kenyamanan. Masalah tersebut di antaranya:

  • Stres
  • Kecemasan
  • Kurang tidur
  • Stres, kecemasan dan ketagihan camilan

Tubuh Anda menggunakan energi untuk melakukan hal-hal mendasar: makan, bernapas, bergerak, berpikir, dll. Jika Anda merasa stres atau cemas, tubuh Anda sebenarnya menggunakan lebih banyak energi, lho! Perasaan yang meminta energi menjadi jauh lebih besar daripada normalnya. Makanya, beberapa kali dalam sehari, tubuh Anda menagih isi ulang energi. Anda pun mengidam dan itu berarti tubuh Anda menginginkan makanan tinggi energi! Dan makanan yang termudah dan tercepat di dapat adalah makanan cepat saji sarat gula, padat lemak dan asin.

 Hubungan antara junk food dan kualitas tidur 

Kita mengerti bahwa ketika jadwal Anda begitu ketat, sulit bagi Anda untuk bisa cukup tidur, tapi justru tidur itu sangat penting untuk kesehatan Anda, lho! Percaya atau tidak, kekurangan tidur dapat mempengaruhi nafsu makan Anda terhadap junk food! Buktinya, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menderita kekurangan tidur cenderung lebih memilih makanan tinggi lemak dan gula ketika mereka lapar. Makanan yang tak sehat merangsang otak Anda dengan menghasilkan Dopamin. Zat yang diproduksi di otak ini terkait dengan keinginan kita untuk mendapatkan kepuasan dan ganjaran‚ yang menurut Anda layak untuk membayar kelelahan Anda.

 Jadi siklusnya berjalan seperti ini: Kurang tidur = rasa mengidam makanan tak sehat yang menyebabkan dihasilkannya Dopamin = pilihan makanan tak sehat karena dianggap sebagai ganjaran setimpal atas kelelahan Anda yang hanya akan memicu nafsu makan yang lebih besar! Anda bisa menghentikan siklus ini jika Anda tidur lebih teratur dan cukup. Masalah lain yang membuat kita lebih memilih junk food atau makanan tak sehat adalah harga. Pilihan makanan sehat memang biasanya lebih mahal. Melihat apa yang tertera di struk tagihan makanan sehat membuat Anda ngeri dan berwajah pucat pasi. Anda pun akan mengambil jalan pintas, yaitu makanan yang lebih murah, yang bahkan jauh lebih tak sehat, seperti: mie instan(yang dibalut dengan zat pengawet yang tidak sehat, dibanding pasta organik (tanpa pengawet). Jadi, alasan Anda berburu burger di sebuah resto makanan cepat saji terdekat karena lebih murah dan nyaman. Tapi layakkah bagi kesehatan? Situasinya memang sulit, tapi kami ada di sini untuk membantu Anda mencarikan solusi yang sehat dan hemat. 

Solusi sehat dan hemat

  • Pilihlah resep-resep makanan sehat, praktis dan cepat yang memberi Anda keseimbangan antara karbohidrat, lemak dan protein sehat.
  • Pilih buah dan sayuran yang sedang dalam musim panen jadi harganya tidak melonjak.
  • Luangkan lebih banyak waktu di supermarket untuk mendapat daging, ikan, produk susu dan produk segar lainnya yang berkualitas baik.

Jangan berbelanja saat Anda lapar! Pastikan Anda cukup tidur. Jika Anda kesulitan merasakan kantuk, Anda kemungkinan akan menderita stres berlebihan atau bahkan insomnia. Kiat berikut akan memudahkan Anda tidur:

  • Anda harus lebih aktif secara fisik: rencanakan olahraga yang sesuai dengan ANDA. Berkonsultasilah dengan pakar gizi dan dokter Anda untuk semua saran yang Anda butuhkan.
  • Jika kiat di atas tidak berhasil, buatlah janji dengan dokter, pakar gizi atau psikolog Anda. Mereka orang-orang yang tepat dan mampu membantu Anda menemukan masalah Anda yang sebenar-benarnya.

 

Dapatkan selalu informasi kesehatan terkini lainnya dari Hello Doctor Indonesia. Pastikan juga Anda berlangganan aplikasi Hello Doctor untuk mendapatkan fasilitas konsultasi langsung dengan dokter kompeten dan tepercaya selama 24 jam, kapan saja dan di mana saja. Untuk info lebih lanjut, kunjungi http://www.hellodoctor.co.id atau segera hubungi 500*67# (bagi penggunaTelkomsel) dan 123*767# (bagi pengguna XL).

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia

Resolusi Kesehatan 2017!

Posted by | Gaya Hidup, Kesehatan Umum | No Comments

Apa resolusi Anda di tahun 2017 ini? Mungkin Anda ingin kembali berolahraga ke gym atau bersepeda. Atau mungkin Anda berencana mengurangi konsumsi junk food dan banyak mengonsumsi salad?

Orang-orang umumnya membuat resolusi Tahun Baru, dan hampir 40%-nya ingin lebih banyak berolahraga. Resolusi kedua yang paling umum diinginkan adalah makan yang lebih sehat, dengan 10-15% berjanji ingin mengubah diet atau pola makan mereka.

Kita sungguh-sungguh ingin melakukan dengan lebih baik. Kita ingin makan yang lebih sehat, lebih fit, dan merasa lebih nyaman dengan diri sendiri, tapi pasti ada rintangannya. Lebih dari 75% resolusi Tahun Baru diperkirakan berakhir dengan kegagalan. Jadi, apa yang bisa kita lakukan adalah memastikan bahwa kita benar-benar melakukan lebih banyak olahraga atau makan lebih banyak sayuran.

Berikut ini adalah beberapa cara praktis untuk menepati resolusi Tahun Baru 2017:

  1. Tuliskan tujuan Anda, baik di catatan Post-It yang ditempel di jendela maupun di pengingat ponsel. Taruhlah di suatu tempat yang gampang terlihat oleh Anda.
  2. Dari tujuan itu, buatlah langkah-langkah yang bisa dilakukan. Atur langkah yang mudah dan bisa diatur dan buatlah agar lebih memungkinkan untuk dicapai dalam resolusi Anda, ubahlah menjadi kebiasaan-kebiasaan yang baik.
  3. Lakukan satu langkah pada suatu waktu, bukan di berbagai waktu. Mengubah seluruh kehidupan sekaligus malah bisa membuat Anda gagal. Buatlah daftar keinginan yang ingin Anda capai di tahun 2017, lalu fokuslah untuk menyelesaikan setiap langkahnya, secara berangsur-angsur.
  4. Jangan hanya membicarakan resolusi Anda pada teman, tapi ajak mereka bergabung dan bentuklah teman pendukung. Dengan begitu, Anda dan teman Anda akan saling mendukung.
  5. Berikan penghargaan pada diri sendiri saat Anda mencapai setiap langkah resolusi, dan saat mencapai tujuan Anda. Terkadang tujuan adalah satu-satunya alasan untuk terus menjaga resolusi Anda.

 

Apa keuntungannya bagi Anda?

Studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang menerapkan perilaku gaya hidup sehat yang spesifik rata-rata hidup 14 tahun lebih lama dibanding orang yang tidak menerapkannya. Membuat daftar yang harus dilakukan terkait resolusi Tahun Baru memang tampak bisa diandalkan, bukan? Namun demikian, masih diperlukan adanya dedikasi dan komitmen yang tinggi, baik Anda memutuskan untuk melakukannya pada 1 Januari maupun pada hari lainnya, terserah Anda, selama Anda melakukannya.

 

 

Empat Hal Penting

Anda mungkin ingin tahu apa 4 perilaku gaya hidup itu. Anda pasti sudah mengetahuinya, tapi tidak ada salahnya jika kami ingatkan kembali. Empat gaya hidup yang penting adalah aktivitas fisik, sebisa mungkin hindari konsumsi alcohol atau dalam jumlah sedang saja, tidak merokok, dan makanlah minimal lima porsi buah dan sayur setiap hari. Yuk, dicoba ya!

 

Dapatkan selalu informasi kesehatan terkini lainnya dari Hello Doctor Indonesia. Pastikan juga Anda berlangganan aplikasi Hello Doctor untuk mendapatkan fasilitas konsultasi langsung dengan dokter kompeten dan tepercaya selama 24 jam, kapan saja dan di mana saja. Untuk info lebih lanjut, kunjungi http://www.hellodoctor.co.id atau segera hubungi 500*67# (bagi penggunaTelkomsel) dan 123*767# (bagi pengguna XL).

Artikel ini telah ditelaah dan disetujui oleh dr. Joyce Sopacua dari Hello Doctor Indonesia

Gambar: http://www.playbuzz.com/voiceoftv10/what-2017-tv-show-are-you-most-looking-forward-to

Tidak memiliki aplikasi Hello Doctor? Jangan sampai ketinggalan! Unduh aplikasi sekarang!